Jumat, 27 April 2012

Posisi Silang negara


26/04/2012
Posisi Silang
Dengan segala akibatnya memaksa bangsa indonesia  memlih satu diantara dua alternatif yaitu :
1.       Membiarkan  diri terus menerus menjadi objek  lalu lintas kekuatan – kekuatan dan pengaruh – pengaruh luar dengan setiap kali menyandarkan  dan menggantungkan diri kepada kekuatan yang terbesar pada suatu waktu.
2.       Turut serta  mengatur lalu lintas  kekuatan – kekuatan  atau pengaruh – pengaruh luar tersebut dengan ikut berperan aktif sebagai subjek.
Pengaruh- pengaruh  buruk akibat posisi silang dapat segera menimbulkan bentuk – bentuk ancaman ,tantangan ,hambatan,dan gangguan yang mungkin membahayakan identitas dan integritas bangsa  indoneia.Pengaruh tersebut  dapat berasal dari dalam maupun dari luar secara langsung maupun tidak langsung.
Sifat – sifat  khas dan kepribadian bangsa dirumuskan dalam bentuk  cara pandang  bangsa indonesia tentang diri  dan lingkungannya berdasarkan  ide nasional pancasila sebagai aspirasi bangsa indonesia  yang merdeka,berdaulat,adil dan bermartabat  ditengah – tengah  lingkungan yang menjiwai segenap tindak kebijaksanaannya dalam  upaya mencapai tujuan nasional.
Cara pandang berdasarkan hal –hal yang tidak menguntungkan pada posisi silang atas dasar sifat – sifat khas dan kepribadian bangsa indonesia  disebut dengan  wawasan nusantara  yang merupakan  kawasan nasional  indonesia untuk melandasi  konsep ketahanan nasional
Identitas adalah ciri  khas suatu bangsa  dilihat secara keseluruhan  yang mencakup wilayah negara  ,penduduk,sejarah,pemerintah dan tujuan  nasional serta peranannya di dunia internasional.
Integritas  adalah kesatuan yangg menyeluruhdi dalam kehidupan nasional suatu bangsa baik alamiah maupun sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar